Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Optimalkan Lahan Pekarangan, Tanam Ribuan Bibit Jahe Merah Candana dan Kayu Putih

Keterangan : Foto Petani Kebun, Nur Bunadin Menunjukkan bibit tanaman yang ada dipekarangan belakang rumahnya.  

  BANYUWANGI – SP

Rintisan usaha jenis tanaman bibit jahe merah, pohon minyak kayu putih dan cendana yang digeluti petani kebun, Nur Bunadin dinilai benilai ekonomis tinggi karena sejumlah jenis tanaman tersebut jarang ditanam oleh sejumlah petani kebun yang ada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin 30 km dari kota Banyuwangi.

Seperti yang telah diungkapkan Nur Bunadin warga Desa Tamansari Dusun Ampel Gading Kecamatan Licin ketika ditemui dilahan pekarangannya mengatakan, ia sudah mempersiapkan sedikitnya berjumlah ribuan untuk jenis tanaman cendana. Begitupula, tanaman minyak kayu putih dan bibit jahe merah yang didapatkan dari rekan mitra kerjanya yang bertempat tinggal di Banyuwangi Kota.

“ Saat ini sebagai bentuk percontohan telah dilakukan penanaman untuk 3 jenis tanaman. Untuk jumlahnya hanya berkisar ratusan bibit karena lahan yang saat ini disiapkan hanya terbatas seluas 1500 m2,”Ujarnya.

Menurutnya, dalam pengembangan kedepan ia ingin membudidayakan ke lahan persawahannya yang sudah tersedia seluas 5 (lima) hektar terbagi dibeberapa lokasi. Mengenai hasil pertumbuhannya di daerahnya sangat bagus dan perkembangannya signifikan. Karena, didukung dengan cuaca dan berlokasi didaratan tinggi sehingga pertumbuhan bibit lebih cepat dan didukung dengan tanah yang gembur.

“ di wilayah Desa Tamansari Kecamatan Licin ini bisa dikatakan untuk curah hujannya sangat tinggi, namun disaat musim pancaroba keberadaan pertumbuhan tanaman tidak berpengaruh sama sekali. Diperkirakan untuk jahe merah membutuhkan waktu selama 10 bulan untuk dipanen, sedangkan minyak kayu putih dan cendana hanya diambil daunnya saja untuk di fregmentasi menjadi minyak,”Ungkapnya.(Tyo)

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *