Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Bau Busuk Menyengat Akibat Limbah Pabrik Tahu

JOMBANG, SINAR POS – Sudah bertahun-tahun lamanya warga Dusun. Semanding dan Bapang merasakan bau yang tidak sedap dari sungai kecil yang mengalir di sekitar dusunnya. Bau serta warna air yang kotor sudah menjadi pemandangan setiap hari, terutama kalau siang hari begitu terkena sinar matahari air limbah tersebut akan menguap bau akan semakin menyengat.

Limbah tersebut mengalir hingga kiloan meter, dampaknya air yang awalnya mengalir jernih, dengan adanya limbah ini, menjadi berubah warna, air tampak kuning kecoklatan dan berminnyak, sampai terasa di tetangga desa yaitu Dusun Ngumpul.

Seorang warga Semanding yang berprofesi sebagai tambal ban (Joko 35 th) mengeluhkan keadaan ini, bahkan istrinya bila mencuci, baju akan ikut berwarna kuning akibat sumurnya ikut tercemar air limbah tersebut.

Beda lagi dengan apa yang diceritakan oleh Bambang seorang petani di Dusun Ngumpul, dengan adanya limbah ini para petani sering terserang penyakit gatal-gatal pada kaki dan pinggulnya apabila selesai musim tanam padi, Sedangkan dampak terhadap tanaman jagung akan mengakibatkan busuk pada pangkal batang jagung terutama pada musim hujan.

Dari pengamatan Sinar Pos setelah menelusuri serta menyisir sungai-sungai yang ada disekitar dusun yang masih ikut wilayah Desa Sumbermulyo tersebut, ternyata limbah itu merupakan limbah Pabrik Tahu yang tidak hanya satu, melainkan beberapa pabrik yang pembuangan limbahnya semua menuju sugai kecil, mengalir ke sungai besar dan berhenti di Dam (irigasi) yang selama ini di gunakan oleh para petani mengairi tanaman.

Semoga dengan adanya info ini pihak terkait segera mengetahuinya sedangkan Sinar Pos akan turut memantau dampak apalagi yang terjadi di masyarakat dengan cara memuat berita secara bersambung. (AM).

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *