Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

MK BERSAMA UNAIR GELAR BIMTEK

SURABAYA, SINAR POS – Anwar Usman, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) mengatakan kepada Wartawan, mengundang para advokad, Ormas, LSM dan pendidik (guru) agar bisa mensosialisasikan MK, tentang tugas maupun kewenangan yang dimiliki, khususnya menguji undang undang yang menjadi topik bimtek ini, ujarnya di Acara  Bimbingan teknis (bimtek) hukum acara pengujian Undang-Undang (UU) kerjasama Mahkamah Konstitusi dengan Universitas Airlangga (Unair)  di Hotel Aria, Surabaya, Jum’at (15/9).

Pihaknya  berharap mereka mengikuti bimtek agar memberikan pemahaman tentang proses di MK. Kita tahu MK sebagai lembaga baru masih banyak masyakrat yang belum mengetahui dan memahami, apa tugas MK dan bagaimana mengajukan gugatan.Tugas dan kewenangan MK adalah menguji UU terhadap UUD dari hukum acara. Selain itu, MK juga memutus sengketa lembaga negara, misalnya presiden berperkara dengan DPR dan MA.
“Maka yang memutus perkara itu adalah MK,” tandasnya.

Anwar Usman menambahkan, Tugas MK lainnya adalah membubarkan partai politik (parpol),   yang mengajarkan dan punya kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945. Misalnya mengajarkan marxisme, maka MK bisa membubarkannya. juga memutuskan sengketa hasil Pemilu, termasuk Pilpres, Pileg dan Pilkada. MK juga memiliki kewenangan memutuskan pendapat DPR tentang pelanggaran yang diajukan presiden atau wakil presiden. Kalau ada perkara yang masuk akan ditangani. Saat ini, perkara yang disidangkan di MK adalah Perpu  Ormas, hak angket DPR terhadap KPK dan UU Pemilu tentang ambang batas 20 persen, tuturnya. (Nwi)

 

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *