Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

KEMENHUB DAN DISHUB JATIM LUNCURKAN SRUT ONLINE

SURABAYA, SINAR POS – Kemenhub RI,  bekerjasama dengan  Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur  menggelar Acara Launching layanan Sertifikasi  Registrasi Uji Type (SRUT) Kendaraan bermotor secara Online. Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,  di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (6/9).

Kepala Dishub Jatim, Wahid Wahyudi menyatakan, cukup lewat HP, para pengusaha karoseri atau siapa pun yang ingin mengurus SRUT bisa dari rumah. Hanya sekali petugas Dishub Provinsi mengecek fisik tipe kendaraan. SRUT adalah salah satu prasyarat sebelum kendaraan dioperaisionalkan setelah uji kir. Sistem ini efisien karena menghemat waktu dan biaya, ujarnya.

Selama ini,  SRUT harus mengurus hingga ke Kementerian Perhubungan di Jakarta. Semuanya  akan diproses dengan sistem   online dan akan selesai  satu sampai dua hari. Sebagai perbandingan, selama ini pengurusan  bisa seminggu lebih dan belum tentu  langsung  jadi. Belum lagi harus mendatangi Kementerian di Jakarta sehingga perlu biaya transportasi dan akomodasi di Jakarta.
Mereka yang mengurus SRUT kini sambil rileks di rumah atau di mall  melalui HP. Tak perlu ke Jakarta lagi karena SRUT yang jadi akan diantar ke rumah,  tutur Kadishub Jatim.  Wahid Wahyudi.

Wachid  Menambahkan, di Jatim sendiri  ada 118 perusahaan karoseri.  Mereka wajib mengiris SRUT dalam setiap kendaraan yang diproduksi. Dalam sebulan, rata-rata ada 1.600 kendaraan yang diproduksi karoseri.

Sementara itu, Direktur Sarana perhubungan Darat Kemenhub, Eddy Gunawan, mengapresiasi terobosan yang dilakukan di Jatim.  SRUT merupakan prasyarat untuk uji KIR yang dikeluarkan oleh Kemenhub  yakni Dirjen Perhubungan Darat atau Lalu Lintas dan Angkutan Jalan .(Nwi)

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *