Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

INTAN DI DESA PULOREJO, KEC.DAWARBLANDONG, MOJOKERTO.

Demikian juga, telah didirikan sebuah Taman Edukasi Integrasi Pertanian Membangun Desa Mandiri yang diresmikan pada tanggal 6 Agustus  lalu, dan dihadiri ratusan Paud seKec. DawarBlandong.

Peserta pelatihan ke 5 terdiri dari 4 orang dari Banten, 2 dari  Medan, 1 dari Nias, 2 dari Papua dan 1 dari Jawa Timur dan 1 dari Kalbar. Disamping itu ada program khusus bagi para bisnismen yang berminat mengembangkannya. Demikian juga dengan sistem pelatihan 80% praktek dan teori 20%, artinya lebih banyak prakteknya daripada teori. Jumlah keseluruhan meteri kurang lebih 27 bidang, termasuk; pembibitan benih, pembuatan pupuk dan pembuatan pakan ternak, antara lain; pembuatan POC dari LRT, (Pupuk Organik Cair dari LRT-Limbah Rumah Tangga) POK(Pupuk Organik Kering), MOL (Mikro Organik Lokal), MOL untuk Pertumbuhan, Pembibitan sayur-sayuran, Penanaman tanaman obat-obatan dan Pembuatan Kompos Jerami, Pembuatan Kompos Kotoran Sapi, Pembuatan Pakan Cacing dan Medya Cacing, Pembuatan Pakan Ikan, Pembuatan Pakan Ayam, Pakan Kambing, Pakan Sapi, serta bagaimana cara perawatannya. ( lihat Yutube Bayu Diningrat).

 Diharapkan melalui tulisan diatas dapat memberi inspirasi dan dorongan kepada orang tua, Pemimpin Sekolah,Perguruan Tinggi dan generasi muda agar mulai mengarah hati dan pikiran untuk membangun desanya, sebab dari desa akan lahir pemimpin dan desa adalah ujung tombak keadilan dan kemakmuran bangsa.

Catatan khusus Penulis : Selama berada di lokasi pelatihan, yang juga berfungsi sebagai tempat nginap. Lokasi penginapan kami layak sebuah kebun binatang kecil, yang didalamnya ada beberapa hewan peliharaan seperti domba, kambing,ayam, burung puyu, kelinci dan lainnya. Namun keadaan begitu sejuk, tidak tercium bau pengap atau busuk dari hewan piaraan tersebut, dan bahkan lalat pun hampir tak terlihat, jika dibandingkan dengan lokasi-lokasi peternakan lainnya.( Am)

 

 

 

 

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *