Berani, Tegas, komitmen

Berani,Tegas, komitmen

Makna Ibadah Berkurban di Bulan Haji

Lumajang,Sinar Pos -Bulan Dhullhijjah adalah bulan bersejarah, dimana hari ini seluruh umat islam di dunia melaksanakan perayaan hari raya Idul Adha(Hari raya kurban) tepatnya 10 Dhullhijjah 1438 H/01-09-2017.Perayaan ini juga disebut bulan Haji, sebab umat muslim yang melaksanakan ibadah Haji di makkah harus melaksankan Wukuf di padang Arafah sebagai salah satu syarat sahnya rukun haji.

Tak terkecuali di masjid Nurul islam dusun Meleman, Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun warga juga melaksanakan serangkaian perayaan ibadah Idul Adha. Dimulai pagi hari melaksanakan sholat idul adha yang bertugas sebagai imam adalah Ky.Sumardi dan sebagai khatibnya Ustad Abdul Hanan S.pdi .

Tema khotbah Idul Adha kali ini ialah” Tauladan Nabi Ibrohim Alayhissalam”.Khatib menjelaskan,”perayaan ini adalah peristiwa besar bagi umat muslim didunia yang patut dicontoh dan jadi suritauladani bahwa perjuangan Nabi Ibrohim dalam menjalankan perintah ALLOH untuk belajar ikhlas dalam mengorbankan menyembelih putranya sendiri Isma’il A.s. yang kemudian diganti dengan seekor kambing.Hal ini mengajarkan umat muslim bahwa makna berkurban yang sebenarnya tidak bisa di tawar -tawar dalam meningkatkan ketaqwaan dengan cara bektakbir, bertasbih, menjalankan ibadah haji bagi yang mampu sebagai rangkaian peristiwa serta melakukan penyembelihan hewan kurban”.

Sementara itu siang setelah melakukan sholat jumat, panitia kurban masjid Nurul Islam dusun meleman  melakukan kegitan penyembelihan hewan kurban berupa 6 ekor sapi dan 6 ekor kambing.Di dusun meleman ini ada nilai tersendiri karena dalam pertahunnya antusiasme warga dalam penyerahan  hewan kurban sangat tinggi, serta mendapat predikat sebagai dusun paling banyak dalam penyembelihan hewan kurban se kecamatan bahkan se kabupaten.Panitia kurbannyapun berjumlah 100 orang yang bergotong royong serta bahu-membahu dalam menjalankan tugas masing-masing sampai menyalurkan daging kurban hampir ke rumah-rumah warga seluruh wilayah dusun meleman utamanya masyarakat kurang mampu.

Tahun ini data sinar pos untuk Desa wotgalih saja dalam penyembelihan hewan kurban mencapai 21 ekor sapi dan 9 ekor kambing.Khusus dusun meleman 12 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang pelaksanaannya di dua langgar/musholla,satu pondok pesantren dan tiga masjid.(Ridwan)

Komentar anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *