BUDIDAYA IKAN TERUS MENINGKAT, BUPATI MADIUN SEBAR 320.000 BENIH

0
32

    MADIUN SINAR POS — Bupati Madiun, Muhtarom, mengapresiasi peningkatan Produksi ikan di Kabupaten Madiun pada 2016 yang mencapai 3.282,66 ton. Jumlah ini meningkat 172,4 ton dibandingkan produksi ikan pada 2015 yaitu 3.110,26 ton ikan.

Pemkab Madiun akan memprioritaskan budidaya ikan di sejumlah waduk dan embung di Kabupaten Madiun. Hal itu disampaikan Bupati Madiun, Muhtarom, saat memberikan bantuan 320.000 benih ikan kepada petani ikan di Waduk Bening, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Rabu (12/7/2017).

Muhtarom menuturkan luas waduk di Kabupaten Madiun mencapai 91 hektare, sungai sepanjang 97,20 km, dan embung seluas 92,382 meter persegi. Dengan potensi perairan di Madiun saat ini, pencari ikan hanya ada sekitar 859 orang. Dalam satu tahun, mereka bisa menangkap ikan di waduk dan embung itu sekitar 500 ton.

“Dengan melihat produksi ikan di Kabupaten Madiun yang mencapai 3.282,66 ton pada 2016, Kabupaten Madiun sangat cocok untuk pengembangan sektor perikanan,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan pengembangan sektor perikanan ini menjadi salah satu program prioritas pembangunan di Kabupaten Madiun. Hal ini karena Kabupaten Madiun memiliki waduk dan sungai yang cukup luas untuk dijadikan tempat budidaya ikan.

Dengan adanya pengembangan ini diharapkan bisa memberikan nilai tambah perekonomian serta meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat. Ada empat kelompok tani ikan yaitu Mina Widas Makmur, Setyo Manunggal, Nila Mitra, dan Mina Tani, yang mendapatkan benih ikan masing-masing 80.000 ekor.

Ia berharap bantuan benih ikan itu dapat dikelola dengan baik supaya meningkatkan pendapatan dan meningkatkan potensi perikanan. “Saya berhatap petani ikan juga tetap memperhatikan kelestarian lingkungan dengan menaati peraturan penangkapan ikan dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan,” jelas Muhtarom. (YULIS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here